PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS DEWI SARTIKA DENPASAR TIMUR

Yusita, Ni Ketut Pebry (2024) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS DEWI SARTIKA DENPASAR TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041054-COVER.pdf

Download (141kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041054-ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041054-LAMPIRAN.pdf

Download (625kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi terdiri dari 202 peserta didik. Sampel dipilih secara random, selanjutnya diundi kembali untuk memilih kelas eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket menggunakan skala Likert dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Uji hipotesis I dan II menganalisis hasil gain skor ternormalisasi dan memberikan hasil sebagai berikut, 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (metode ceramah) pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (metode ceramah) pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Sedangkan hipotesis III menggunakan analisis Manova secara simultan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (metode ceramah) pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Ketut Pebry Yusita
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:31
Last Modified: 22 Feb 2024 07:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19348

Actions (login required)

View Item View Item