Yusita, Ni Ketut Pebry (2024) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS DEWI SARTIKA DENPASAR TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041054-COVER.pdf Download (141kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041054-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041054-LAMPIRAN.pdf Download (625kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi terdiri dari 202 peserta didik. Sampel dipilih secara random, selanjutnya diundi kembali untuk memilih kelas eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket menggunakan skala Likert dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Uji hipotesis I dan II menganalisis hasil gain skor ternormalisasi dan memberikan hasil sebagai berikut, 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (metode ceramah) pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (metode ceramah) pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Sedangkan hipotesis III menggunakan analisis Manova secara simultan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (metode ceramah) pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Ketut Pebry Yusita |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 07:31 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 07:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19348 |
Actions (login required)
View Item |