Suwiwa, I Gede (2024) PENGEMBANGAN MODEL DAN PERANGKAT PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENCAK SILAT. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2039011009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2039011009-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2039011009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas model dan perangkat PjBBL berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar Pencak Silat mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yaitu; (1) Analisis (Analyze), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Produk pengembangan berupa model dan perangkat PjBBL. Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi, desain, dan media pembelajaran. Subjek uji coba produk terdiri atas 2 dosen dan 35 mahasiswa, sedangkan untuk uji coba efektivitas 102 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, tes tulis, dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan 1) hasil validitas model PjBBL 94,48 % kriteria sangat valid dan perangkat PjBBL 97,32% kriteria sangat valid, 2) hasil uji kepraktisan model PjBBL adalah 93,77% pada kriteria sangat praktis dan kepraktisan perangkat PjBBL adalah 93,77% pada kriteria sangat praktis , 3) hasil uji efektivitas dilakukan dengan 3 cara yaitu pertama ditinjau dari aktivitas belajar 51 orang (92,8%) kriteria aktif, kedua dari hasil belajar uji coba kelompok besar 55 orang 100% hasil belajarnya tuntas dan ketiga uji efektivitas dilakukan dengan melakukan uji komparasi dengan menggunakan Uji-t dependen/ t pair test. Hasilnya bahwa nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan pembelajaran pencak silat menggunakan model dan perangkat PjBBL berbantuan multimedia interaktif dinilai lebih efektif secara simultan meningkatkan hasil belajar jika dibandingkan model pembelajaran yang digunakan sebelumnya. Disarankan kepada tenaga pengajar untuk dapat menggunakan model dan perangkat PjBBL karena terbukti meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBBL, Multimedia Interaktif, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Gede Suwiwa |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 23:50 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 23:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19391 |
Actions (login required)
View Item |