Musabbihan, Musabbihan (2024) PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR iMATEMATIKA PADA SISWA KELAS V i SD iGUGUS I SIDEMEN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2220941012-COVER.pdf Download (404kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2220941012-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2220941012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2220941012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2220941012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2220941012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2220941012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2220941012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2220941012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model inquiry based learning berbantuan media canva dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvesional. 2) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model inquiry based learning berbantuan media canva dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvesional 3) secara simultan perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry based learning berbantuan media canva dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvesional. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan posttes only control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 8 SD dengan siswa sebanyak 157 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 6 SD dengan siswa sebanyak 126 menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan ANOVA dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model inquiry based learning berbantuan media canva dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvesional dengan signifikansi 0,01, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model inquiry based learning berbantuan media canva dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvesional dengan signifikansi 0,01, 3) terdapat perbedaan secara simultan motivasi dan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model inquiry based learning berbantuan media canva dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvesional 0,01. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model inquiry based learning berbantuan media canva berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas V Gugus I Sidemen. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan refensi dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model inquiry based learning, media canva, motivasi belajar, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Musa Musabbihan |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 05:33 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 05:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19414 |
Actions (login required)
View Item |