Bakti, I Wayan Agastya Nusa (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN USAHA PETANI BUNGA BERBASIS ENTREPRENEURSHIP MUATAN IPAS MATERI KONDISI PEREKONOMIAN DI DAERAHKU SISWA KELAS V SD NO 2 MEKAR BHUANA KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031129-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031129-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031129-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031129-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031129-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031129-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031129-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031129-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031129-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui rancang bangun, Validitas isi, desain, media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil serta efektivitas media video pembelajaran usaha petani bunga berbasis entrepreneurship muatan IPAS materi kondisi perekonomian di daerahku siswa kelas V SD No 2 Mekar Bhuana Kabupaten Badung. Jenis dari penelitian ini adalah pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE. Subjek uji coba menggunakan 18 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa video pembelajaran usaha petani bunga berbasis entrepreneurship ini digunakan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut: (1) kualitas hasil uji rancang bangun memperoleh skor 90,900% dengan kualifikasi sangat baik, (2) Ahli materi pembelajaran memperoleh skor 95,454% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain memperoleh skor 90 %, ahli media pembelajaran memperoleh skor 91,666%, uji coba perorangan memperoleh skor 94,166% dan uji kelompok kecil memperoleh skor 95,565% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Uji efektivitas produk didapatkan dari uji statistik uji-t sehingga memperoleh Thitung sebesar 18.356 untuk db = 17 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka Ttabel sebesar 1,739. Hal ini berarti Thitung > Ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan menggunakan video pembelajaran usaha petani bunga berbasis entrepreneurship. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran usaha petani bunga berbasis entrepreneurship efektif digunakan dalam proses pembelajaran muatan IPAS materi kondisi perekonomian di daerahku siswa kelas V SD No 2 Mekar Bhuana Kabupaten Badung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, IPAS, Entrepreneurship. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Agastya Nusa Bakti |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 00:00 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 00:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19452 |
Actions (login required)
View Item |