Syakhinna Winardi, Diva Winding Seciola (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “KALENDER BACA” (KACA) BERBASIS VIDEO TUTORIAL EDUKASI GUNA MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA ASPEK MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061022_COVER.pdf Download (807kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061022_ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061022_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061022_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061022_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061022_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061022_BAB V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061022_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Membaca permulaan merupakan suatu keterampilan kompleks yang menuntut anak mengenal huruf, mengenal simbol huruf, dan melafalkan atau mengucapkan bunyi huruf dan kata. Dalam suatu pembelajaran hendaknya melibatkan hal-hal yang menarik dan menyenangkan seperti halnya alat permainan edukatif. Selain dapat menarik perhatian anak, dengan melibatkan alat permainan edukatif yang menyenangkan anak akan lebih mudah memahami pembelajaran yang disampaikan pendidik. Melihat hal tersebut, maka dikembangkannya Media Pembelajaran Alat Permainan Edukatif “Kalender Baca” (KACA) Berbasis Video Tutorial Edukasi guna menstimulasi kemampuan bahasa anak kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Subjek penelitian ini adalah sepuluh (10) anak kelompok B, dengan objek penelitian adalah kemampuan bahasa anak. Metode pengumpulan data dengan pedoman observasi, rating scale dan kuesioner/angket. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan desain uji coba one shot case study, dapat diketahui bahwa media pembelajaran alat permainan edukatif “Kalender Baca” (KACA) berbasis video tutorial edukasi layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa terutama pada aspek membaca permulaan anak kelompok B.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, APE, Kalender Baca, Video Tutorial Edukasi, Kemampuan Bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Diva Winding Seciola Syakhinna Winardi |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 05:53 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 05:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19503 |
Actions (login required)
View Item |