Sukmawati, Ni Made Dwi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPPEMEI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 2 YANGAPI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031203-COVER.pdf Download (771kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031203-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031203-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (484kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031203-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031203-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031203-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031203-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031203-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031203-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pengaruh model pembelajaran OPPEMEI terhadap hasil belajar IPAS dan siswa yang dibelajarkan dengan model konvenesional di Kelas IV SDN 2 Yangapi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent post-test only kontrol group design. Populasi penelitian ini terdiri dari 57 siswa dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas IVA dan IVB. Pemilihan sampel dengan teknik random samping diperoleh kelas IVA ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB ditetapkan sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPAS yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kotrol di SDN 2 Yangapi. Hal ini ditunjukkan dengan t_hitung (10,77) dan t_tabel (2,004). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran OPPEMEI berdampak terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 2 Yangapi tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: hasil belajar, IPAS, model pembelajaran OPPEMEI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE DWI SUKMAWATI |
Date Deposited: | 17 Apr 2024 23:52 |
Last Modified: | 17 Apr 2024 23:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19602 |
Actions (login required)
View Item |