Natalia, Ni Kadek Dwipiyani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MUATAN IPAS TOPIK SIKLUS AIR KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031284-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031284-ABSTRAK.pdf Download (861kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031284-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (584kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031284-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031284-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (856kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031284-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031284-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031284-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (559kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031284-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada adanya temuan yakni kurang adanya pemanfaatan media pembelajaran didalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran selalu berpusat pada guru. Partisipasi dari peserta didik di dalam proses pembelajaran masih kurang. Hal itu mengakibatkan peserta didik sulit memahami materi yang disampikan sehingga suasana kelas menjadi pasif. Video animasi dapat menyajikan materi secara interaktif dan menyenangkan. Hal ini dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari topik siklus air serta dapat memvisualisasikan proses siklus air secara jelas dan menarik, membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi yang valid dan praktis pada muatan IPAS topik siklus air kelas IV Sekolah Dasar. Hal itu mengakibatkan peserta didik sulit memahami materi yang disampikan dan kegiatan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan sehingga suasana kelas menjadi pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran berbasis video animasi yang dapat diandalkan dan berguna untuk muatan IPAS topik siklus air untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Studi ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari (1) analisis atau analisis; (2) desain atau desain; (3) pengembangan atau pengembangan; (4) pelaksanaan atau pelaksanaan; dan (5) evaluasi atau evaluasi. Penelitian ini melibatkan 22 siswa, dua ahli materi, dua ahli media, dan dua praktisi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil rerata validitas media pembelajaran berbasis video animasi adalah sebagai berikut: ahli materi memberikan 95,5% predikat yang sangat baik, ahli media memberikan 92 persen predikat yang sangat baik, praktisi memberikan 98 persen predikat yang sangat baik, dan siswa memberikan respons 96,9 persen yang sangat baik. Media pembelajaran berbasis video animasi topik siklus air dinyatakan lolos pengujian validitas dan layak dipergunakan untuk kegiatan belajar mengejar siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Video animasi, Siklus Air, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwipiyani Natalia |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 07:37 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 07:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19607 |
Actions (login required)
View Item |