PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA

Sitepu, Noprista Br (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2017011053-COVER)
2017011053-COVER.pdf

Download (432kB)
[img] Text (2017011053-ABSTRAK)
2017011053-ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text (2017011053-BAB 1 PENDAHULUAN)
2017011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text (2017011053-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (2017011053-BAB 3 METODE PENELITIAN)
2017011053-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (2017011053-HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2017011053-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (2017011053-BAB 5 PENUTUP)
2017011053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (2017011053-DAFTAR PUSTAKA)
2017011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (2017011053-LAMPIRAN)
2017011053-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini mengambil sampel berdasarkan probability sampling dengan proportional random sampling yaitu teknik pengambilan proporsi untuk memperoleh sampel yang representative, dan setiap subjek ditentukan secara seimbang dengan banyaknya subjek di setiap starta dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 131 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS version 26 for Windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukasada, (2) Lingkungan Belajar Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukasada, dan (3) Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: NOPRISTA BR SITEPU
Date Deposited: 15 May 2024 03:18
Last Modified: 15 May 2024 03:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19708

Actions (login required)

View Item View Item