Sitepu, Noprista Br (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2017011053-COVER)
2017011053-COVER.pdf Download (432kB) |
|
Text (2017011053-ABSTRAK)
2017011053-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (2017011053-BAB 1 PENDAHULUAN)
2017011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (156kB) |
|
Text (2017011053-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (2017011053-BAB 3 METODE PENELITIAN)
2017011053-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (2017011053-HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2017011053-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (2017011053-BAB 5 PENUTUP)
2017011053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (2017011053-DAFTAR PUSTAKA)
2017011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (2017011053-LAMPIRAN)
2017011053-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini mengambil sampel berdasarkan probability sampling dengan proportional random sampling yaitu teknik pengambilan proporsi untuk memperoleh sampel yang representative, dan setiap subjek ditentukan secara seimbang dengan banyaknya subjek di setiap starta dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 131 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS version 26 for Windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukasada, (2) Lingkungan Belajar Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukasada, dan (3) Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | NOPRISTA BR SITEPU |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:18 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19708 |
Actions (login required)
View Item |