Maula, Irfa Khuril (2024) PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF DIGITAL LITERASI BACA TULIS UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031030-COVER.pdf Download (895kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031030-ABSTRAK.pdf Download (603kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (572kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031030-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan literasi baca tulis siswa khususnya bagi siswa kelas 1 SD menjadi salah satu permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu faktor dari permasalahan tersebut adalah keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran literasi baca tulis berbasis teknologi yang interaktif sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa buku interaktif digital literasi baca tulis pada materi pengenalan huruf abjad untuk kelas 1 SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian sebanyak 2 ahli materi, bahasa, media, guru dan 20 siswa kelas 1 SD. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji ahli materi diperoleh skor 96,25% dengan kualifikasi sangat baik, ahli bahasa 97,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media 90% dengan kualifikasi sangat baik, serta hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa diperoleh 98% dengan kualifikasi sangat baik. Media ini dinyatakan efektif dengan nilai signifikan 0,00 lebih kecil 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, buku interaktif digital literasi baca tulis dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas 1 SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi baca tulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: buku, interaktif, literasi baca tulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Irfa Khuril Maula |
Date Deposited: | 30 May 2024 00:40 |
Last Modified: | 30 May 2024 00:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19822 |
Actions (login required)
View Item |