PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN KEMASAN QR CODE PADA MUATAN IPAS MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 1 SEMARAPURA KELOD

Pranata, I Kadek Adi (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN KEMASAN QR CODE PADA MUATAN IPAS MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 1 SEMARAPURA KELOD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031228-COVER.pdf

Download (709kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031228-ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031228-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031228-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031228-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031228-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031228-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031228-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031228-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas dan kepraktisan terhadap E-LKPD berorientasi Project Based Learning (PJBL) dengan kemasan QR Code Pada Muatan IPAS Kelas IV SD N 1 Semarapura Kelod. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah dua orang dosen ahli materi, dua orang dosen ahli media, satu orang guru kelas IV sebagai praktisi, 3 orang siswa kelas IV pada uji coba perorangan dan 9 orang siswa kelas IV pada uji coba kelompok kecil. Objek dalam penelitian ini adalah validitas serta kepraktisan dari E-LKPD berorientasi Project Based Learning (PJBL) dengan kemasan QR Code. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) karena memiliki tahapan yang sistematis dan mampu berpijak pada landasan teori desain pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumen, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan E-LKPD ini yaitu: (1) Rancang bangun E-LKPD berorientasi Project Based Learning (PJBL) dengan kemasan QR Code pada muatan IPAS kelas IV SD N Semarapura Kelod, (2) E-LKPD dinyatakan valid dan layak berdasarkan perolehan indeks validitas sebesar 0,90 dan analisis kelayakan ahli media memperoleh indeks validitas 0.88, dan termasuk ke dalam rentang ≥ 0,8 artinya produk yang dikembangkan termasuk ke dalam validitas tinggi, (3) Uji praktisi mendapat persentase yaitu 95% berada pada rentang 90-100% dengan kualifikasi sangat baik; uji coba perorangan persentase yang diperoleh yaitu 95% berada pada rentang 90-100% dengan kualifikasi sangat baik; uji coba kelompok kecil persentase yang diperoleh yaitu 95,27% berada pada rentang 90-100% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berorientasi Project Based Learning (PJBL) dengan kemasan QR Code Pada Muatan IPAS Kelas IV SD N 1 Semarapura Kelod sudah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-LKPD, IPAS, Pengembangan, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I KADEK ADI PRANATA
Date Deposited: 31 May 2024 01:16
Last Modified: 31 May 2024 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19827

Actions (login required)

View Item View Item