Ni Komang, Indah Komala Dewi (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD N GUGUS VIII ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031204_Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031204_Abstrak.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031204_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031204_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031204_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031204_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031204_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031204_Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031204_Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan matematika pada kelompok yang dibelajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik peserta didik kelas III SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal (2) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan matematika pada kelompok yang tid ak dibelajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik peserta didik kelas III SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal (3) mengetahui pengaruh yang signifikan Pendekatan Matematika Realistik terhadap kompetensi pengetahuan matematika peserta didik kelas III SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal. Jenis penelitian ini ialah desain eksperimen semu (quasy experimental design) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal sebanyak 210 siswa, dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil SD No. 1 Sibanggede sebagai kelompok eksperimen sebanyak 36 siswa dan SD No. 4 Sibanggede sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial Teknik uji-t polled varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 6,85 > ttabel = 1,99773 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 64, jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang diberi perlakuan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan pendekatan matematika realistik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III SDN Gugus VIII Abiansemal Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | matematika realistik, kompetensi pengetahuan matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Indah Komala Dewi |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 00:44 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 00:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19835 |
Actions (login required)
View Item |