PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PAPAN BILANGAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURAH RAI

Ni Made, Ari Setyawati (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PAPAN BILANGAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURAH RAI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031113_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031113_ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031113_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031113_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031113_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031113_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031113_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031113_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031113_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan matematika pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan media Papan Bilangan pada siswa kelas IV SDN Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai (2) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan matematika pada kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan media Papan Bilangan pada siswa kelas IV SDN Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai (3) mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan media Papan Bilangan terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa setelah mengontrol hasil pre-test pada siswa kelas IV SDN Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan ranangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai sebanyak 386 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang memperoleh kelas IV A SDN 4 Ubung sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A SDN 5 Ubung sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan Uji Anakova. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa F_hitung = 85.78 > F_tabel= 4.01 pada taraf signifikansi 5%, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Papan Bilangan dengan siswa yang tidak dibelajarakan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Papan Bilangan. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media Papan Bilangan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SDN Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model TGT, Media Konkret, Kompetensi Pengetahuan Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Ari Setyawati
Date Deposited: 03 Jun 2024 00:50
Last Modified: 03 Jun 2024 00:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19838

Actions (login required)

View Item View Item