PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD GUGUS VIII KECAMATAN KINTAMANI

Dewi, Ni Wayan Riska (2024) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD GUGUS VIII KECAMATAN KINTAMANI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031310-COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031310-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031310-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031310-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031310-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031310-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031310-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031310-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031310-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD gugus VIII kecamatan Kintamani. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen bentuk Quasi Eksperiment. Rancangan penelitian yaitu nonequivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Kintamani berjumlah 111 orang. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Suter 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN Abang Batudinding 25 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda berjumlah 26 soal. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 5,76. Sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 26 + 25 – 2 = 49, didapatkan nilai ttabel adalah 2,00. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel (5,76 > 2,00), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: SFE, Hasil Belajar, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI WAYAN RISKA DEWI
Date Deposited: 05 Jun 2024 00:02
Last Modified: 05 Jun 2024 00:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19877

Actions (login required)

View Item View Item