Utama, I Gede Adi Suteja (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SIMULATOR KAMUFLASE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAI ADAPTASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VI SDN 2 GUNAKSA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031206-COVER.pdf Download (796kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031206-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031206-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031206-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031206-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031206-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031206-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031206-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031206-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik pada muatan materi adaptasi makhluk hidup, serta pemanfaatan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran pada muatan materi adaptasi makhluk hidup yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan media simulator kamuflase, (2) menganalisis validitas isi media simulator kamuflase, (3) menganalisis kepraktisan media simulator kamuflase dan (4) menganalisis efektivitas media simulator kamuflase untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai adaptasi makhluk hidup kelas VI di SD Negeri 2 Gunaksa Tahun Pelajaran 2023/2024. Studi pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek pengembangn adalah media simulator kamuflase, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah kualitas media simulator kamuflase. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, tes, dan observasi. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media simulator kamuflase yang telah dihasilkan memperoleh kualifikasi validitas isi sangat sangat tinggi dengan indeks validitas sebesar 0,95, (2) tingkat pencapaian respon guru terhadap media simulator kamuflase memperoleh kualifikasi sangat praktis dengan indeks sebesar 4,00, (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media simulator kamuflase memperoleh kualifikasi sangat praktis dengan indeks sebesar 4,00, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t media simulator kamuflase efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai adaptasi makhluk hidup dengan indeks skor sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: media, pemahaman konsep adaptasi, simulator kamuflase. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I GEDE ADI SUTEJA UTAMA |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 01:39 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 01:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19887 |
Actions (login required)
View Item |