Cintyawati, Ayu Ngurah Tri (2024) PENGARUH MODEL OPEN-ENDED BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV DI GUGUS VIII MENGWI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031254-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031254-ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031254-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031254-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031254-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031254-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031254-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031254-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031254-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open-Ended berbasis Kontekstual terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV di Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri atas 9 kelas dengan jumlah siswa 214 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No. 4 Mengwi sebanyak 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV A SD No. 1 Mengwi sebanyak 26 orang sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan numerasi diperoleh dengan memberikan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data kemampuan numerasi siswa dianalisis dengan uji-t Polled Varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,30 > ttabel = 2,00665 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 52. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan numerasi kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Open-Ended berbasis Kontekstual dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Open-Ended berbasis Kontekstual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Open-Ended berbasis Kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Open-Ended, Kontekstual, Kemampuan Numerasi Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ayu Ngurah Tri Cintyawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 23:23 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 23:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19898 |
Actions (login required)
View Item |