PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA MUATAN IPAS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS V SD NO. 5 KAPAL

Mertaningsih, Ni Rai Sri (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA MUATAN IPAS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS V SD NO. 5 KAPAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031002-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031002-ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (743kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031002-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu Multimedia Interaktif berbasis Proyek. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk, 1) mendeskripsikan rancang bangun produk Multimedia Interaktif berbasis Proyek, 2) mengetahui kelayakan Multimedia Interaktif menurut penilaian para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Proyek. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, 1) Rancang bangun dari produk yang dikembangkan berupa media elektronik Multimedia Interaktif berbasis Proyek. 2) Hasil analisis data berdasarkan penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 91,67% dengan kualifikasi sangat layak, ahli desain instruksional memperoleh skor 95,45% dengan kualifikasi sangat layak, ahli media pembelajaran memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba perorangan pada 3 orang siswa memperoleh skor 91,66% dengan kualifikasi sangat layak, dan uji coba kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat layak. 3) Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 28 siswa memperoleh hasil thitung sebesar 14,19. Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan dk 27 yaitu 2,048. Dengan demikian, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan (5%) dari hasil post test siswa pada kompetensi pengetahuan IPAS sesudah menggunakan bahan ajar Multimedia Interaktif berbasis Proyek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif berbasis Proyek efektif diterapkan pada muatan pelajaran IPAS materi Harmoni dalam Ekosistem kelas V semester ganjil di SD No. 5 Kapal. Implikasi pemanfaatan Multimedia Interaktif sebagai media pembelajaran berbasis teknologi ditunjang oleh sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti akses internet (WiFi), Smartphone/Laptop, LDC/Proyektor, serta keterampilan guru maupun siswa untuk mengakses media pembelajaran Multimedia Interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Rai Sri Mertaningsih
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:30
Last Modified: 11 Jun 2024 07:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item View Item