Biantara, Dewa Gede Agung Raditya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MUATAN IPAS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031168-COVER.pdf Download (749kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031168-ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031168-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (400kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031168-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031168-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031168-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031168-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031168-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (503kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031168-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Studi ini dilatar belakangi oleh sebagian 50% siswa belum aktif sehingga suasana dalam belajar kurang dinamis. Empat tujuan penelitian pengembangan ini: (1) analisis desain media pembelajaran berbasis Augmented Reality; (2) nilai analisis ahli materi maupun media pembelajaran berbasis Augmented Reality; (3) analisis respon guru maupun siswa saat menggunakan media berbasis Augmented Reality; serta (4) analisis efektivitas pada media Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD. Studi pengembangan menggunakan model ADDIE, seta data penelitian dikumpulkan melalui metode kuesioner/angket. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Analisis (a), perancangan (b), pengembangan (c), implementasi (d), dan (e) valuasi yaitu hasil dari penelitian pengembangan ini. Studi ini mengambil subjek media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Validitas media, materi, respon pengguna, dan efektivitas media adalah objek penelitian pengembangan. Hasil menunjukkan bahwa (1) penelitian pengembangan ini telah berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa SD dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality; (2) kelayakan ahli materi memperoleh indeks validitas sebesar 0,93, ahli media sebesar 0,95 dengan kualifikasi validitas yang sangat tinggi; (3) tingkat pencapaian guru dan kelompok kecil (siswa) adalah sebesar 97,5%, serta 96,44% kualifikasi sangat baik; (4) Media pembelajaran berbasis Augmented Reality efektif mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, karena nilai signifikasi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukkan angka sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Augmented Reality, Sistem Pencernaan, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | DEWA GEDE AGUNG RADITYA BIANTARA |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 07:33 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 07:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19925 |
Actions (login required)
View Item |