Maulana, Ibnu (0202) ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN CERPEN TAK ADA ASU DI ANTARA KITA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011035-COVER.pdf Download (961kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011035-ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBEHASAAN)
1912011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011035_LAMPIRAN.pdf Download (888kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis gaya bahasa dalam kumpulan Cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita. (2) mendeskripsikan relevansi kumpulan Cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gaya bahasa, cerpen dan relevansi pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka yaitu dengan membaca keseluruhan teks kumpulan cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita karya Joko Pinurbo. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data menggunakan perangkat bantu yaitu kartu data yang digunakan untuk mengelompokkan gaya bahasa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari 15 cerpen yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 76 data yang ditemukan dalam kumpulan cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita karya Joko Pirnubo diperoleh 3 (tiga) data jenis gaya bahasa yaitu gaya bahasa perbandingan, pertentangan, dan perulangan. Jenis gaya bahasa perbandingan terdapat 29 data gaya bahasa personifikasi, 3 data gaya bahasa simile. 10 data gaya bahasa metafora dan 1 data gaya bahasa antitesis. Jenis gaya bahasa pertentangan terdapat 17 data gaya bahasa hiperbola, 2 data gaya bahasa satire, 5 data gaya bahasa sinisme dan 1 data gaya bahasa paradoks. Jenis gaya bahasa perulangan terdapat 1 data gaya bahasa asonansi, 1 data gaya bahasa anadiplosis, 4 data gaya bahasa tautes dan 2 data gaya bahasa episfora. (2) Hasil penelitian ini memiliki relevansi dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA yaitu pada kelas XI dengan TP 1 Mencari inspirasi untuk puisi dari karya sastra prosa, yakni cerpen, berdiskusi mengenai tema dan pesan yang merupakan dua dari empat struktur batin puisi, berdiskusi mengenai inspirasi untuk menggubah puisi dengan mentransformasikan cerpen melalui tema dan pesan yang terkandung di dalamnya. TP 2 Membaca sebuah puisi untuk memahami unsur-unsur puisi dan mengenal puisi yang ditulis berdasarkan cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Bahasa, Cerpen, Relevansi Pembelajaran |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ibnu Maulana |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:14 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19967 |
Actions (login required)
View Item |