Suari, Ketut Ayuning (2024) PENGARUH MODEL SQ4R BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III GUGUS KAPTEN KOMPYANG SUJANA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031216-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031216-ABSTRAK.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031216-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031216-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031216-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031216-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031216-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031216-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031216-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model SQ4R Berbantuan Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 540 siswa yang terdiri dari 16 kelas III SD Gugus Kapten Kompyang Sujana. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas III SD Negeri 9 Padangsambian sebagai kelompok eksperimen sebanyak 33 orang dan siswa kelas III SD Negeri 2 Padangsambian sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 57,8 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata post-test kelompok eksperimen 81,00 yang berada pada kategori tinggi Rata – rata pre-test pada kelompok kontrol 57,2 yang berada pada kategori rendah sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 69,00 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-t diperoleh = 3,435 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 64 adalah 1,99773. Hal ini menunjukkan bahwa > dari (3,435 > 1,99773) sehingga ditolak dan diterima, hal ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan membaca pemahaman dalam Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model SQ4R berbantuan media papan flanel dengan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model SQ4R pada kelas III SD Gugus Kapten Kompyang Sujana tahun ajaran 2023/2024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Model SQ4R Berbantuan Media Papan Flanel terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : model SQ4R, Papan Flanel, Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Ayuning Suari |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 23:51 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 23:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19987 |
Actions (login required)
View Item |