Udiani, Ni Made Puspita (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN GUGUS II KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031069-COVER.pdf Download (561kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031069-ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031069-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011031069-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011031069-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031069-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2011031069-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031069-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT; (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan secara konvensional; (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV di Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan design penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 251 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling yang memperoleh kelas IV A SD No. 2 Tibubeneng sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD No. 4 Canggu sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian. Data kemampuan berpikir kreatif matematis yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t polled varians. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelompok eksperimen memperoleh persentase 80,35% (kategori tinggi), kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelompok kontrol memperoleh persentase 64,56% (kategori sedang), hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,73539 > ttabel = 1,67528 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 26+27-2 = 51, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas IV SDN Gugus II Kuta Utara tahun ajaran 2023/2024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Gugus II Kuta Utara tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Puspita Udiani |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 00:02 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 00:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20006 |
Actions (login required)
View Item |