Putri, Ni Luh Komang Ermi Anantha (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK MENGGUNAKAN TEKNIK BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B TK WIJA KUSUMA V PEREAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061008-COVER.pdf Download (944kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061008-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061008-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun e-komik menggunakan teknik bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Wija Kusuma V Perean, (2) menganalisis hasil kelayakan e-komik, menggunakan teknik bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Wija Kusuma V Perean (3) mengetahui efektivitas e-komik dalam pengenalan kosakata bahasa dengan tema indahnya alamku sub tema binatang pada anak kelompok B TK Wija Kusuma V Perean. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan teknik (uji-t) sample dependent. Banyak subjek pada penelitian ini adalah 20 orang anak kelompok B TK Wija Kusuma V Perean . Hasil penelitian adalah: (1) validasi rancang bangun berdasarkan penilaian ahli rancang bangun 90%, (2) dalam pengembangannya, validitas e-komik berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran 91.66%, ahli desain instruksionaal 94,42%, ahli media pembelajaran 96,66%, uji coba perorangan 93,33%, dan uji coba kelompok kecil 93,89%, (3) diperoleh thitung sebesar 7,61 dan diperoleh hasil ttabel sebesar 2,093, maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel . Maka thitung = 7,61 > ttabel = 2,093 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai post-nontest lebih tinggi dibandingkan nilai pre-nontest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan e-komik menggunakan teknik bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Wija Kusuma V Perean.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: e-komik, Bahasa, Binatang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Komang Ermi Anantha Putri |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 00:06 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 00:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20020 |
Actions (login required)
View Item |