Handayani, Gusti Ayu Putu Meli (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA SANTI II, SESANDAN, TABANAN, TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061006-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061006-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (437kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (473kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061006-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun powerpoint interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B Di TK Dharama Santi II Sesandan,Tabanan (2) mengetahui kelayakan powerpoint interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B Di TK Dharama Santi II Sesandan,Tabanan (3) mengetahui efektivitas powerpoint interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B Di TK Dharama Santi II Sesandan,Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan teknik (uji-t) sample dependent. Banyak subjek pada penelitian ini adalah 24 orang anak kelompok B TK Dharma Santi II Sesandan, Tabanan. Hasil penelitian adalah: (1) Rancang bangun berdasarkan penilaian ahli rancang bangun 90%, (2) Uji kelayakan multimedia powerpoint interaktif berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran 91,6%, ahli desain instruksionaal 96,87%, ahli media pembelajaran 93,75%, uji coba perorangan 93,33%, dan uji coba kelompok kecil 92,70%, (3) Efektivitasa multimedia powerpoint interaktif diperoleh thitung sebesar 13,948 dan diperoleh hasil ttabel sebesar 2,069, maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Maka thitung = 13,948 > ttabel = 2,069 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai post-nontest lebih tinggi dibandingkan nilai pre-nontest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan multimedia powerpoint interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompk B Di TK Dharma Santi II, Sesandan, Tabanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Multimedia, Powerpoint Interaktif, Mengenal Huruf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putu Meli Handayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 00:10 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 00:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20025 |
Actions (login required)
View Item |