Pengembangan Instrumen Evaluasi Profil Pelajar Pancasila Pada Aspek Bergotong Royong dan Bernalar Kritis di Sekolah Dasar

Pratiwi, Maha Riska Eca Pratiwi (2024) Pengembangan Instrumen Evaluasi Profil Pelajar Pancasila Pada Aspek Bergotong Royong dan Bernalar Kritis di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031070-COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031070-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031070-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031070-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031070-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka sebagai salah satu solusi dalam membentuk kepribadian peserta didik. Salah satu tujuan dari program Kurikulum Merdeka adalah untuk membentuk profil pelajar pancasila. Untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimana indikator profil pelajar pancasila telah tercapai atau belum maka diperlukan instrumen evaluasi sebagai alat ukur. Dari hasil observasi di SD Negeri 4 Bugbug ditemukan bahwa guru masih mengacu pada hasil pengamatan secara langsung untuk menilai karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen evaluasi profil pelajar pancasila pada aspek gotong royong dan bernalar kritis yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan RDR yang terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) research (studi pendahuluan), (2) development (pengembangan) dan (3) research (uji efektivitas). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan praktisi dengan teknik analisis data menggunakan Rumus Gregory untuk uji validitas dan Rumus Percentage of Agreement untuk uji reliabilitas. Dari hasil perhitungan uji validitas oleh ahli didapatkan nilai validitas sebesar 1,00 pada kedua aspek sedangkan, uji validitas oleh praktisi sebesar 1,00 pada aspek gotong royong dan 0,95 pada aspek bernalar kritis. Dari perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa instrumen evaluasi profil pelajar pancasila aspek gotong royong dan bernalar kritis memiliki nilai validitas sangat tinggi. Sedangkan untuk uji reliabilitas didapatkan nilai reliabilitas dari kedua ahli sebesar 100% pada kedua aspek yakni gotong royong dan bernalar kritis, untuk nilai reliabilitas dari kedua praktisi sebesar 100% pada aspek gotong royong dan nilai reliabilitas sebesar 95% untuk aspek bernakar kritis, dari nilai reliabilitas yang diperoleh dapat dikatakan instrumen evaluasi gotong profil pelajar pancasila pada aspek bergotong royong dan bernalar kritis dapat dikatakan reliabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Evaluasi, Profil Pelajar Pancasila, Gotong Royong, Bernalar Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: MAHA RISKA ECA PRATIWI
Date Deposited: 25 Jun 2024 23:54
Last Modified: 25 Jun 2024 23:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20145

Actions (login required)

View Item View Item