WIRADNYANA, I GEDE ARYA (2024) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER SISWA KELAS V SD. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1939031001-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1939031001-ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1939031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1939031001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1939031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1939031001-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memaparkan rancang bangun model PBL bermuatan Tri Kaya Parisudha, (2) menganalisis validitas model, (3) menganalisis kepraktisan model, dan (4) menganalisis efektivitas model untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan karakter pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini mengikuti prosedur pengembangan desain ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari: 5 orang ahli/praktisi untuk menguji validitas model, 61 siswa dan 2 guru kelas V untuk menguji kepraktisan model, serta 114 siswa kelas V SD untuk menguji efektivitas model yang dikembangkan. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui angket, tes, dan kuesioner. Data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan inferensial menggunakan uji MANOVA. Temuan penelitian adalah: (1) rancang bangun model PBL bermuatan Tri Kaya Parisudha yang dikembangkan mengintegrasikan nilai karakter Tri Kaya Parisudha dalam model PBL, (2) Model PBL bermuatan Tri Kaya Parisudha dinyatakan layak digunakan dan telah terbukti valid, praktis serta efektif, (3) Model PBL bermuatan Tri Kaya Parisudha dinyatakan praktis berdasarkan respon guru dan siswa selaku pengguna, dan (4) model PBL bermuatan Tri Kaya Parisudha efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan karakter pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Buleleng..
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, karakter siswa, tri kaya parisudha |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | I GEDE ARYA WIRADNYANA |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 06:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 06:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20456 |
Actions (login required)
View Item |