DESKRIPSI PEMAHAMAN GURU TERHADAP MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DITINJAU DARI STATUS PROFESIONAL DAN MASA KERJA

Lestari, Ni Made Winda (2024) DESKRIPSI PEMAHAMAN GURU TERHADAP MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DITINJAU DARI STATUS PROFESIONAL DAN MASA KERJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031250-COVER.pdf

Download (808kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031250-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031250-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (375kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031250-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031250-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031250-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031250-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031250-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031250-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran inovatif ditinjau dari status profesional dan masa kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan populasi yaitu guru di Gugus II Kecamatan Bangli sebanyak 48 orang. Teknik yang diterapkan dalam penentuan sampel yaitu teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu 32 orang, tediri dari lima kelompok guru, yaitu guru yang belum menyandang status profesional yaitu 16 orang, guru yang sudah menyandang status profesional yaitu 16 orang, guru dengan rentangan masa kerja <6 tahun yaitu 15 orang, guru dengan rentangan masa kerja 6-10 tahun yaitu 8 orang, dan guru dengan rentangan masa kerja >10 tahun yaitu 9 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebarkan tes uraian kepada subjek penelitian secara langsung. Metode analisis data menggunakan metode statistik deskriptif yang kemudian dikonversikan ke PAP. Hasil penelitian ini yaitu; Pemahaman guru yang belum menyandang status profesional berada pada kategori rendah, pemahaman guru yang sudah menyandang status profesional berada pada kategori sedang, pemahaman guru dengan rentangan masa kerja <6 tahun berada pada kategori rendah, pemahaman guru dengan rentangan masa kerja 6-10 tahun berada pada kategori rendah, dan pemahaman guru dengan rentangan masa kerja >10 tahun berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pemahaman, model-model pembelajaran, status profesional, status masa kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Winda Lestari
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:40
Last Modified: 15 Jul 2024 03:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20553

Actions (login required)

View Item View Item