Pengembangan Media Big Book Dengan Muatan Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Bali Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Parwati, Ni Ketut Mega Resi (2024) Pengembangan Media Big Book Dengan Muatan Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Bali Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031192-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031192-ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031192-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (582kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031192-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031192-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031192-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031192-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031192-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031192-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mendeskripsikan perancangan dan pengembangan produk Big Book dengan konten pengajaran IPA berbasis kearifan IokaI BaIi untuk siswa keIas V SD yang teIah teruji keasIiannya, kepraktisannya dan efektifitasnya daIam memotivasi beIajar siswa. PeneIitian ini berpedoman pada modeI pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap anaIisis (AnaIysis), tahap desain (Design), tahap pengembangan (DeveIopment), tahap impIementasi (ImpIementation), dan tahap evaIuasi (EvaIuation). Subjek peneIitian diantaranya ahIi desain, ahIi media, ahIi materi, prakisi, serta siswa. Metode pengumpuIan datanya adaIah dengan mengajukan pertanyaan kepada subjek. Persentase hasiI evaIuasi ahIi desain adaIah : 89,28% dengan kuaIifikasi sangat baik, ahIi media : 85,89%, kuaIifikasi sangat baik, ahIi materi : 95,00%, berkuaIifikasi sangat baik, jawaban dari praktisi : 92,05%, kuaIifikasi sangat baik dan respon dari siswa : 93,85%, kuaIifikasi sangat baik. HasiI uji vaIiditas memakai metode uji t koreIasi ditemukan signifikan (Sig. 2-taiIed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditoIak dan Ha diterima. Berdasarkan hasiI anaIisis, Big Book yang memuat muatan IPA berbasis kearifan IokaI di BaIi vaIid dan praktis dipakai daIam pembeIajaran, serta efektif daIam memotivasi siswa untuk beIajar itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Big Book, IPA, Kearifan LokaI BaIi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Mega Resi Parwati
Date Deposited: 18 Jul 2024 23:46
Last Modified: 18 Jul 2024 23:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item