Parwati, Ni Ketut Mega Resi (2024) Pengembangan Media Big Book Dengan Muatan Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Bali Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031192-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031192-ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031192-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (582kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031192-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031192-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031192-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031192-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031192-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031192-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mendeskripsikan perancangan dan pengembangan produk Big Book dengan konten pengajaran IPA berbasis kearifan IokaI BaIi untuk siswa keIas V SD yang teIah teruji keasIiannya, kepraktisannya dan efektifitasnya daIam memotivasi beIajar siswa. PeneIitian ini berpedoman pada modeI pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap anaIisis (AnaIysis), tahap desain (Design), tahap pengembangan (DeveIopment), tahap impIementasi (ImpIementation), dan tahap evaIuasi (EvaIuation). Subjek peneIitian diantaranya ahIi desain, ahIi media, ahIi materi, prakisi, serta siswa. Metode pengumpuIan datanya adaIah dengan mengajukan pertanyaan kepada subjek. Persentase hasiI evaIuasi ahIi desain adaIah : 89,28% dengan kuaIifikasi sangat baik, ahIi media : 85,89%, kuaIifikasi sangat baik, ahIi materi : 95,00%, berkuaIifikasi sangat baik, jawaban dari praktisi : 92,05%, kuaIifikasi sangat baik dan respon dari siswa : 93,85%, kuaIifikasi sangat baik. HasiI uji vaIiditas memakai metode uji t koreIasi ditemukan signifikan (Sig. 2-taiIed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditoIak dan Ha diterima. Berdasarkan hasiI anaIisis, Big Book yang memuat muatan IPA berbasis kearifan IokaI di BaIi vaIid dan praktis dipakai daIam pembeIajaran, serta efektif daIam memotivasi siswa untuk beIajar itu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, Big Book, IPA, Kearifan LokaI BaIi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Mega Resi Parwati |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 23:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 23:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20607 |
Actions (login required)
View Item |