Khasanah, Nabilla Ika Yuni (2024) Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Project Based Learning pada Materi Tata Surya Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013071034-COVER.pdf Download (441kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013071034-ABSTRAK.pdf Download (63kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013071034-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik, tingkat validitas, kepraktisan dan keterbacaan e-modul IPA berbasis project based learning (PjBL) pada materi tata surya kelas VII. Jenis penelitian ini adalah research and development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket wawancara, lembar validasi e-modul, lembar angket respon uji kepraktisan dan uji keterbacaan. Uji validitas e-modul IPA dilakukan oleh dua orang dosen ahli pendidikan IPA. Kepraktisan e-modul IPA diuji oleh lima orang guru IPA SMP. Keterbacaan e-modul IPA diuji oleh kelompok kecil berjumlah 15 peserta didik kelas VII SMP. Data hasil penelitian dianalisis meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan meliputi karakteristik e-modul IPA mencakup (1) bahan ajar e-modul IPA kelas VII semester II dikemas dalam bentuk digital (elektronik), (2) disusun berdasarkan sintak PjBL secara terstruktur, (3) dilengkapi dengan media audio dan visual sehingga lebih interaktif. Hasil validitas e-modul IPA mendapatkan skor 0,96 sehingga masuk pada kualifikasi sangat valid. Hasil uji kepraktisan e-modul IPA memiliki rerata skor 4,75 termasuk dalam kualifikasi sangat praktis. Hasil uji keterbacaan e-modul IPA masuk pada kualifikasi sangat terbaca dengan skor 4,33. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan e-modul IPA berbasis project based learning (PjBL) pada materi tata surya kelas VII layak untuk diuji coba lebih lanjut hingga tahap uji efektivitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ADDIE, Project Based Learning, Tata Surya |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Nabilla Ika Yuni Khasanah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 03:10 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 03:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20650 |
Actions (login required)
View Item |