Swandewi, Ni Wayan (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI SD NEGERI 1 PENATIH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031149-COVER.pdf Download (604kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031149-ABSTRAK.pdf Download (99kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031149-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031149-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031149-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031149-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031149-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031149-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031149-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun media Magic Box berbasis pendekatan kontekstual muatan Pelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Penatih, (2) mengetahui kelayakan media Magic Box berbasis pendekatan kontekstual muatan Pelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Penatih, (3) serta untuk mengetahui efektivitas media Magic Box berbasis pendekatan kontekstual muatan Pelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Penatih. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes objektif serta kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media Magic Box berbasis pendekatak kontekstual sesuai dengan tahapan pengembangan ADDIE, (2) kelayakan media Magic Box menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran matematika sebesar 91,66% (Sangat Baik), uji ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 93,33% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 91,66% (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,95% (Sangat Baik). Dengan demikian hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa media Magic Box berbasis pendekatan kontekstual layak untuk digunakan. (3) Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial teknik uji-t memperoleh hasil thitung = 11,565 untuk db = 33 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 2,037, maka diperoleh H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa nilai post-test siswa lebih dari nilai KKTP. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book Berbasis Pendekatan Kontekstual efektif digunakan pada Muatan Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Penatih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Magic Box, Pendekatan Kontekstual, Matematika,Bangun Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Swandewi |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:59 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20681 |
Actions (login required)
View Item |