Dwiyanti, Ni Made Harina (2024) PENGEMBANGAN ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MUATAN IPAS MATERI BUNYI DAN SIFATNYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031163-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031163-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031163-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (287kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031163-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031163-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031163-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031163-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031163-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031163-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun animasi pembelajaran, (2) mendeskripsikan hasil validitas dan respon siswa pengembangan animasi pembelajaran, dan (3) mengetahui efektivitas animasi pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode yang digunakan adalah dengan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Hasil penelitiannya sebagai berikut. (1) Rancang bangun animasi pembelajaran ini dirancang melalui tahapan pengembangan ADDIE. (2) Hasil validitas dan respon siswa animasi pembelajaran berdasarkan penilaian ahli isi yaitu 97,32% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran, diperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik, penilaian ahli media pembelajaran, diperoleh persentase 95,82% dengan kualifikasi baik. Persentase yang diperoleh dari hasil uji perorangan yaitu 95,2% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kelompok kecil diperoleh 95,48% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kelompok besar diperoleh 92,47% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian animasi pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid. (3) Efektivitas animasi pembelajaran yang dikembangkan diperoleh t-hitung =74,05, lebih besar dari t-tabel yaitu 2,055. Dengan demikian animasi pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah agar guru memanfaatkan animasi pembelajaran yang dikembangkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | animasi, IPAS, bunyi dan sifatnya, motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Harina Dwiyanti |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 23:51 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 23:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20702 |
Actions (login required)
View Item |