PENGEMBANGAN E-BOOK IPAS KELAS V BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KEANEKARAGAMAN HAYATI FLORA DAN FAUNA KHAS INDONESIA

Winata, Ketut Agung Putri Ari (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK IPAS KELAS V BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KEANEKARAGAMAN HAYATI FLORA DAN FAUNA KHAS INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031306-COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031306-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031306-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031306-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031306-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031306-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031306-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031306-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031306-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-book berbasis saintifik pada materi Keanekaragaman Hayati Flora dan Fauna Khas Indonesia kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. penelitian ini menggunakan model ADDIIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisi, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan ini adalah E-book berbasis saintifik pada materi IPAS kelas V sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas E-book yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode kuesioner, observasi dan tes. Hasil penelitian pembangan E-book berbasis saintifik yang dikembangkan adalah valid, praktis dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas dari ahli materi 97,37% dan ahli media 92,95%. Uji kepraktisan media dari uji coba guru dalam aspek kualitas tampilan sebesar 93% dan uji kepraktisan media dari uji coba guru dalam aspek ketepatan konsep dan kompetensi sebesar 94%. Uji kepraktisan media dari uji coba siswa dalam aspek penyajian materi sebesar 90,2%, uji kepraktisan media dari uji coba siswa dalam aspek pengoperasian media sebesar 90% dan uji kepraktisan media dari uji coba siswa dalam aspek pembelajaran sebesar 89,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : E-book, Saintifik, Flora, Fauna Indonesia, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Agung Putri Ari Winata
Date Deposited: 20 Jul 2024 07:00
Last Modified: 20 Jul 2024 07:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20790

Actions (login required)

View Item View Item