Pembelajaran Fiksi dan Non Fiksi dalam Kurikulum Merdeka di Kelas VII C SMP Negeri 2 Seririt

Apriliana, Firda (2024) Pembelajaran Fiksi dan Non Fiksi dalam Kurikulum Merdeka di Kelas VII C SMP Negeri 2 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011005-COVER.pdf

Download (291kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011005-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011005-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2012011005-BAB 3 METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011005-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah berupaya (1) menjelaskan perencanaan dalam pembelajaran fiksi dan non fiksi dalam Kurikulum Merdeka di kelas VII C SMP Negeri 2 Seririt, (2) menjelaskan pelaksanaan pembelajaran fiksi dan non fiksi, dan (3) mengidentifikasi hambatan-hambatan yang muncul dalam pembelajaran fiksi dan non fiksi dalam Kurikulum Merdeka di kelas VII C SMP Negeri 2 Seririt. Subjek kajian ini yaitu, siswa kelas VII C dan guru Bahasa Indonesia. Penelitian ini berfokus pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran. Analisis data yang dipergunakan mencakup; reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil studi membuktikan bahwasanya guru telah menyusun langkah-langkah perencanaan pembelajaran yang direkomendasikan oleh pemerintah, guru telah melaksanakan pengajaran sesuai dengan alur dan modul pengajaran, dan menemukan beberapa kendala seperti kurangnya sumber daya pengajaran, rendahnya kemampuan literasi siswa, dan permasalahan dalam mengalokasikan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, fiksi dan non fiksi, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Firda Apriliana
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:15
Last Modified: 22 Jul 2024 03:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20809

Actions (login required)

View Item View Item