PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA PESERTA DIDIK KELAS X 1 SMA NEGERI 2 TABANAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Puspa, Rani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA PESERTA DIDIK KELAS X 1 SMA NEGERI 2 TABANAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011037-COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011037-ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011037-BAB 2 KAJIAB TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011037-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 2 Tabanan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini ialah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus meliputi rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2023/2024, berjumlah 36 orang dengan rincian 20 orang putri dan 16 orang putra. Data dianalisa menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar secara klasikal mengalami peningkatan signifikan pada aspek sikap dari siklus I sebesar 16,7% meningkat menjadi 80,6% pada siklus II, aspek pengetahuan dari siklus I sebesar 44,4% meningkat menjadi 86,1% pada siklus II dan aspek keterampilan dari siklus I sebesar 33,3% meningkat menjadi 80,6% pada siklus II. Diambil simpulan bahwa hasil belajar lompat jauh meningkat melalui penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2023/2024. Disarankan kepada para pendidik PJOK dapat mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran PBL dikarenakan bisa meningkatkan hasil belajar lompat jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Lompat Jauh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Ni Kadek Rani Puspa Nirmala Sari
Date Deposited: 23 Jul 2024 14:58
Last Modified: 23 Jul 2024 14:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20933

Actions (login required)

View Item View Item