Puspa, Rani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA PESERTA DIDIK KELAS X 1 SMA NEGERI 2 TABANAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011037-COVER.pdf Download (690kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011037-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011037-BAB 2 KAJIAB TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011037-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 2 Tabanan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini ialah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus meliputi rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2023/2024, berjumlah 36 orang dengan rincian 20 orang putri dan 16 orang putra. Data dianalisa menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar secara klasikal mengalami peningkatan signifikan pada aspek sikap dari siklus I sebesar 16,7% meningkat menjadi 80,6% pada siklus II, aspek pengetahuan dari siklus I sebesar 44,4% meningkat menjadi 86,1% pada siklus II dan aspek keterampilan dari siklus I sebesar 33,3% meningkat menjadi 80,6% pada siklus II. Diambil simpulan bahwa hasil belajar lompat jauh meningkat melalui penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2023/2024. Disarankan kepada para pendidik PJOK dapat mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran PBL dikarenakan bisa meningkatkan hasil belajar lompat jauh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Lompat Jauh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Rani Puspa Nirmala Sari |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 14:58 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 14:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20933 |
Actions (login required)
View Item |