Dewi, Ni Putu Saras (2024) PENGARUH MEDIA MAGIC E-BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN EFIKASI DIRI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PRADNYANDARI I. Masters thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2229171006-COVER.pdf Download (956kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229171006-ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
2229171006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171006-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh media magic e-book terhadap kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri anak usia dini. Kajian dalam penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Tenik analisis yang digunakan adalah MANOVA dengan berbantuan aplikasi SPSS. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak yang berada di TK Pradnyandari I dengan jumlah yaitu 124 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas B2 dan kelas B6 berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yakni kuesioner untuk mengumpulkan data variabel kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri anak. Hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) Terdapat pengaruh yang siginifikan pada kemampuan pemecahan masalah antara anak yang dibelajarkan dengan media magic e-book dan anak yang tidak dibejarkan media magic e-book. 2) Terdapat pengaruh yang siginifikan pada efikasi diri antara anak yang dibelajarkan dengan media magic e-book dan anak yang tidak dibejarkan media magic e-book. 3) Terdapat pengaruh yang siginifikan pada kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri secara simultan antara anak yang dibelajarkan dengan media magic e-book dan anak yang tidak dibejarkan media magic e-book.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak usia dini, media magic e-book, kemampuan pemecahan masalah, efikasi diri. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Saras Dewi |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 00:10 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 00:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20937 |
Actions (login required)
View Item |