Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Guru IPS di Kota Denpasar Bali

Arifin, Gabby Farada Mayura (2024) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Guru IPS di Kota Denpasar Bali. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229091001-COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229091001-ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229091001-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi guru akan menentukan kualitas proses dan hasil pembelajaran serta berbanding lurus dengan capaian mutu pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh faktor latar belakang pendidikan guru, pelatihan guru, dan pengalaman mengajar guru bagi kompetensi guru IPS SMP Kota Denpasar. Desain penelitian menggunakan penelitian eksplanasi korelasional berpendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru IPS yang mengajar di SMP Kota Denpasar Tahun Ajaran 2023-2024 yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian sebanyak 86 orang ditentukan dengan teknik Slovin. Data dianalisis dengan teknik Regresi Logistik Ordinal. Hasil studi inipun mendapatkan sebanyak 29,1% guru termasuk kelompok “Sangat Tidak Kompeten”, 30,2% kelompok “Tidak Kompeten”, 22,1% termasuk “Berkompeten” dan sebanyak 18,6% termasuk kelompok “Sangat Berkompeten”. Nilai signifikansi variable latar belakang pendidikan (X1) adalah 0,021<0,05; nilai signifikansi dari variable pelatihan (X2) adalah 0,011<0,05 dan nilai signifikansi dari variable pengalaman mengajar (X3) adalah 0,001<0,05. Berlandaskan nilai signifikasi tersebut bisa dinyatakan bahwasanya setiap variabel memberikan pengaruhnya dengan sangat signifikan bagi kompetensi guru (Y). Hasil penelitian juga membuktikan bahwasanya ketiga variabel independen (X) berpengaruh sangat signifikan terhadap kompetensi guru IPS. Hal ini terlihat dari nilai sinifikansinya 0,01<0,05 Hasil penelitian ini menyarankan bahwa dalam meningkatkan kompetensi guru IPS agar memperhatikan kesesuaikan kualifikasi pendidikan, peningkatan pelatihan dan pengalaman mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru IPS, SMP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Gabby Farada Mayura Arifin
Date Deposited: 23 Jul 2024 23:52
Last Modified: 23 Jul 2024 23:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21032

Actions (login required)

View Item View Item