IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SEPAK BOLA SMA NEGERI 2 TABANAN

Angira, I Dewa Putu Prana (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SEPAK BOLA SMA NEGERI 2 TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011023-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011023-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011023-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang berkaitan dengan ketuntasan belajar. Model pembelajaran konvensional menyebabkan peserta didik belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran dan berimbas pada hasil belajar pada mata pelajaran Pjok. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan hasil belajar PJOK materi sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI Sekolah Menengah Atas yang berjumlah 39 orang dengan 18 orang putra dan 21 orang putri. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah assesmen untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan materi teknik dasar passing dan control sepak bola. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada tindakan siklus I peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebanyak 33 orang (84,61%), setelah diberikan Tindakan pada siklus II peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebanyak 38 orang (97,43%), dengan peningkatan hasil belejar siklus I ke siklus II 40,3 dan Peningkatan Ketuntasan Belajar Siklus I ke Siklus II 5 orang (12,82%). Jadi terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus I dan II. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi sepak bola materi passing dan control Melalui penerapan PjBL dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran olahraga, serta mengembangkan keterampilan praktis, seperti kerjasama tim, strategi permainan, dan pemecahan masalah dalam konteks yang autentik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan, Sepak Bola
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Dewa Putu Prana Angira
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:36
Last Modified: 24 Jul 2024 06:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21059

Actions (login required)

View Item View Item