FENGI, ANASTASIA CHRISANTA ALWINDA (2024) PENANAMAN SIKAP SOSIAL BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL ETNIS BAJAWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 GOLEWA BARAT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229091008-COVER.pdf Download (355kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229091008-ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091008-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091008-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229091008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Golewa Barat dan bertujuan untuk (1) Mengetahui nilai-nilai kearifan lokal etnis Bajawa dan nilai sikap sosial yang dapat ditanamkan dalam pembelajaran IPS. (2) bagaimana startegi penanaman nilai-niai kearifan lokal etnis Bajawa dan nilai sikap sosial dalam pembelajaran IPS. (3) mengetahui bagimana hasil penanaman nilai kearifan lokal etnis Bajawa dan nilai sikap sosial dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskritif penanaman nilai kearifan lokal etnis Bajawa dan nilai sikap sosial siswa SMP Negeri 3 Golewa Barat dalam pembelajaran IPS yang dikumpulkan melalui observasi,wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) wujud nilai sosial dan budaya yang terkandung dalam nilai -nilai kearifan lokal etnis bajawa yaitu reba,zono,dan kusu bue. Kemampuan guru memberikan contoh sikapinteraksi yang baik kepada siswa di dal akelas maupun diluar kelas (2) keterkaitan nilai kerifan lokal dan nilai sikap sosial terhadap materi IPS SMP, seperti kearifan lokal reba berkaitan dengan materi bentuk-bentuk interaksi sosial, zono berkaitan dengan interaksi sosial dan pranata sosial, memberikan kalimat-kalimat positif yang mengadung nilai sikap sosial diawal pembelajaran ,melaksanakan evaluasi terkait sikap sosial. (3) hasil penanaman nilai kearifan lokal dan nilai sikap sosial melalui pembelajaran IPS sudah tertanam dengan kategori baik. Guru terlihat sudah berhasil menanamkan nilai sikap sosial sesuai dengan indikator-indikator yang telah peneliti jabarkan, yaitu: kejujuran, sopan santun, disiplin diri, toleransi pada siswa SMP Negeri 3 Golewa Barat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai kearifan lokal, Nilai sikap sosial,Pendidikan IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Anastasia Chrisanta Alwinda Fengi |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:21 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21118 |
Actions (login required)
View Item |