Sigit Palguna, Komang (2024) THE DEVELOPMENT OF EMANCIPATED CURRICULUM LEARNING MATERIAL FOR 12TH GRADE OF SENIOR HIGH SCHOOL IN THE FIRST SEMESTER AT BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021092-COVER.pdf Download (328kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021092-ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (276kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021092-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021092-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021092-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis kebutuhan siswa dan guru dalam materi pembelajaran untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda (2) untuk mengembangkan materi pembelajaran yang mengakomodasi gaya belajar yang berbeda di kelas 12 SMA pada semester pertama berdasarkan penggunaan model pembelajaran. Kurikulum Emansipasi (3) Untuk mengetahui kualitas materi pembelajaran yang dikembangkan yang mengakomodasi gaya belajar yang berbeda pada kelas XII SMA semester I berdasarkan penggunaan Kurikulum Emansipasi. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di dua SMA di Buleleng dan siswa kelas 12. Penelitian ini menggunakan model Design and Development sebagai landasan metodologinya. Model desain dan pengembangan memiliki empat tahap: analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode kualitatif oleh Miles, Huberman, & Saldaña, (2014), dan secara kuantitatif menggunakan rumus dari Nurkancana dan Sunartana, (1992). Hasil penelitian ini adalah: wawancara menunjukkan bahwa guru masih memerlukan bahan pembelajaran tambahan untuk memenuhi pembelajaran yang berdiferensiasi. Melalui angket diketahui bahwa siswa pada dua sekolah yang berbeda menunjukkan gaya belajar yang beragam dalam lingkup VARK (Visual, Aural, Read/Write, Kinesthetic) dan produk yang dikembangkan mendapat kategori “Sangat Baik”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk valid untuk digunakan dalam pembelajaran yang dibedakan berdasarkan gaya belajar guru dan siswa. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, Materi Bahasa Inggris, Pembelajaran Diferensiasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, Materi Bahasa Inggris, Pembelajaran Diferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Komang Sigit Palguna |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:21 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21141 |
Actions (login required)
View Item |