Permana, Gede Kusuma (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011061-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011061-ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (444kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (733kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011061-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011061-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dikarenakan siswa belum mampu berpikir lancar,luwes,orisinil dan mengungkapkan ide materi yang mereka pelajari khususnya penyajian dan penggunaan data. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kubu dengan banyaknya 234 orang siswa yang terdistribusi kedalam 7 kelas, yang kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 orang siswa yang terdistribusi kedalam 2 kelas. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis menggunakan Uji-t (Independent t-test) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang dilakukan, didapat Hasil Sig. 0,03. < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (PBL). Oleh karena itu, model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh/dampak yang positif terhadap kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa kelas VII SMP. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Siswa, Matematika, Project Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif Siswa, Matematika, Project Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Gede Kusuma Permana |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 15:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 15:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21177 |
Actions (login required)
View Item |