PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KONSEP TRI HITA KARANA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 1 TABANAN

Kompiang Rusmini, Anak Agung (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KONSEP TRI HITA KARANA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 1 TABANAN. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229091005-COVER.pdf

Download (454kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229091005-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229091005-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rusmini, A. A. K. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Konsep Tri Hita Karana terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Tabanan. Tesis, Magister Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. I Putu Sriartha, M.S., dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menggunakan desain post-test only control group design. populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan pada tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel kelas dipilih secara acak setelah dilakukan uji kesetaraan kelas. Pasangan kelas yang terpilih adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan teknik tes, data motivasi belajar dengan angket skala Likert, dan data implementasi model pembelajaran dengan observasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan statistik infrensial (Manova). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan secara bersama-sama hasil belajar dan motivasi antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Hasil statistik multivariat memiliki nilai F sebesar 81,00 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05); terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana (19,45) lebih besar dibandingkan dengan rata- rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (16,71); dan 3) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Rata-rata motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana (120,71) lebih besar dibandingkan dengan rata-rata motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (112,31).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Tri Hita Karana, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: ANAK AGUNG KOMPIANG RUSMINI
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:10
Last Modified: 25 Jul 2024 05:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21210

Actions (login required)

View Item View Item