Aniyantari, Ni Made Dwi (2024) Pengembangan Web Pembelajaran Matematika Berorientasi Mind Mapping pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri Kelas XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011064-COVER.pdf Download (370kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011064-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011064-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011064-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011064-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Metode penelitian dalam penelitian ini ialah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan Four D (4-D), namun tahapan yang dilalui sampai dengan tahapan ketiga sehingga tahapannya meliputi pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa web pembelajaran matematika yang berorientasi mind mapping untuk pokok bahasan transformasi geometri kelas XI yang layak dan praktis. Media web pembelajaran berorientasi mind mapping memuat 5 submateri dari pokok bahasan transformasi geometri yang meliputi translasi (pergeseran), refleksi (pencerminan), dilatasi (perkalian), rotasi (perputaran), dan komposisi transformasi. Web pembelajaran berorientasi mind mapping telah melalui tahap uji kelayakan sesuai penilaian dari ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi dengan aspek penilian perangkat lunak, komunikasi visual, dan desain pembelajaran melalui lembar angket penilaian kelayakan. Rata-rata skor keseluruhan yang didapat dari uji kelayakan ialah 2,88 yang memenuhi kriteria kelayakan tinggi. Selain itu, web pembelajaran berorientasi mind mapping melalui tahap uji kepraktisan yang didapat sesuai tanggapan peserta didik dan guru melalui lembar angket resposn peserta didik dan resposn guru. Rata-rata skor keseluruhan yang didapat dari uji kepraktisan adalah 4,17 yang memenuhi kriteria kepraktisan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media web pembelajaran berorientasi mind mapping pada pokok bahasan transformasi geometri kela XI layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | web pembelajaran, mind mapping, transformasi geometri, model 4D |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI MADE DWI ANIYANTARI |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21265 |
Actions (login required)
View Item |