ARSANA, JULI (2024) PENGARUH MODEL CASED BASED LEARNING BERBANTUAN FLIPPED CLASROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI S DI SMA NEGERI 3 AMLAPURA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229091015-COVER.pdf (2).pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229091015-ABSTRAK.pdf.pdf Download (57kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (985kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091015-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091015-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229091015-LAMPIRAN .pdf.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Arsana, Juli. 2024. Pengaruh Model Cased Based Learning Berbantuan Flipped Clasroom terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI S di SMA Negeri 3 Amlapura pada Mata Pelajaran Ekonomi ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis, Magister Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. I Putu Sriartha, M.S., dan Pembimbing II: Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya kognitif. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen pada pembelajaran ekonomi di kelas XI di SMA Negeri 3 Amlapura. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial, dengan menggunakan dua model pembelajaran yaitu Model Cased Based Learning Berbantuan Flipped Clasroom pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Sampel diambil secara acak dengan menggunakan undian dan tes gaya kognitif untuk menentukan gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent. Total sampel yang digunakan adalah 80 orang siswa kelas XI. Data keterampilang berpikir kritis diambil dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis yang memiliki nilai reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA AB. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Terdapat perbedaan keterampilan beripikir kritis pada kelompok siswa yang belajar dengan model CBL berbantuan Flipped Clasroom dengan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Case Based Learning berbantuan Flipped Classroom lebih besar dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. 2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) dengan kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD). Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) lebih besar dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD). 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap keterampilan berpikir kritis. Kata Kunci : Case Based Learning, Flipped Clasroom, Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Case Based Learning, Flipped Clasroom, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Juli Arsana |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 10:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 10:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21342 |
Actions (login required)
View Item |