Kartika, Ni Luh Gede Novi (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX di SMPN 2 Amlapura. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011005-COVER.pdf Download (593kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011005-ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (263kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011005-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Amlapura yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Amlapura yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan penelitian post test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Amlapura Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pada penelitian ini, kelas IX 2 digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IX 4 digunakan sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis matematis siswa diperoleh melalui pemberian tes kemampuan berpikir kritis matematis yang berbentuk soal uraian kepada kedua kelompok sampel yang diberikan pada akhir penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil bahwa t_hitung=2,757>t_tabel=1,994. Hal ini berarti bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran FSLC lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (FSLC) berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Amlapura.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran FSLC, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Ayu Novi Kartika |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 16:38 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 16:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21368 |
Actions (login required)
View Item |