Geordeola, Ni Kadek Pamela (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 AMLAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011032-COVER.pdf Download (461kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011032-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2013011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011032-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menngkaji pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan video kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment, dengan posttest only control gruoup design. Peserta didik yang merupakan kelas VII di SMPN 2 Amlapura tahun pelajaran 2023/2024 dengan berjumlah 427 siswa merupakan populasi dari penelitian ini. Sampel dipilih menggunakan cluster sampling, kemudian hasilnya ditemukan bahwa kelas VII.8 dengan banyak siswa yaitu 41 orang sebagai kelompok kontrol sedangkan kelas VII.10 sebagai kelompok eksperimen dengan banyak siswa yaitu 40 orang. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep berupa soal uraian yang dirancang mengikuti indikator pemahaman konsep menurut NCTM (2000). Analisa data penelitian memakai uji t satu ekor dengan tingkat kepercayaan 95%. Sebelum data penelitian dianalisis menggunakan uji t, dilakukan uji normalitas (Uji Liliefors) dan uji homogenitas (Uji Levene) sebagai persyaratan. Hasil posttest menunjukkan rata-rata skor pemahaman konsep siswa kelompok eksperimen yaitu 81,88 dengan simpangan baku yaitu 7,569 dan skor pemahaman konsep siswa kelas kontrol memiliki rata-rata yaitu 76,83 dengan simpangan baku yaitu 8,786. Hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung= 2,766>t_tabel= 1.990. Hasil tersebut mengartikan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran TPS berbantuan video kontekstual lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS berbantuan video kontekstual membantu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura memahami konsep matematika. Kata-kata kunci: Think Pair Share, TPS, Video, Kontekstual, Pemahaman, Konsep, Konsep Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, TPS, Video, Kontekstual, Pemahaman, Konsep, Konsep Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Pamela Geordeola |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:23 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 06:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21393 |
Actions (login required)
View Item |