Purba, Debora Br (2024) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813031030-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813031030-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031030--BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1813031030-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1813031030-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813031030-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar kimia materi sistem periodic unsur peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design, dimana pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Sampel penelitian berjumlah 38 peserta didik dari kelas X9 (kelas eksperimen) dan 38 peserta didik dari kelas X10 (kelas kontrol). Data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen mempunyai nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60 dengan rata-rata 78,42, sedangkan kelas kontrol mempunyai nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 50 dengan rata-rata 71,57. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,007< 0,05, maka H0 ditolak dan hipotesis alternatif yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan tehadap hasil belajar kimia dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada materi sistem periodik unsur pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi pembelajaran PQ4R, materi sistem periodik unsur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Debora Br Purba |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:28 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 06:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21413 |
Actions (login required)
View Item |