Widiantari, Ni Komang Ayu Indah (2024) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA UMKM: PERAN CITRA PERUSAHAAN DAN INOVASI MODEL BISNIS SEBAGAI PEMEDIASI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229141043-COVER.pdf Download (651kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229141043-ABSTRAK.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229141043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (468kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229141043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229141043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229141043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229141043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229141043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229141043-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja UMKM melalui peran mediasi citra perusahaan dan inovasi model bisnis pada UMKM pertanian di Kecamatan Kintamani. Dalam penelitian ini menggunakan variabel Corporate Social Responsibility, jinerja UMKM, citra perusahaan, dan inovasi model bisnis. Berdasarkan data jumlah UMKM mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun berdasarkan survei yang dilakukan di lapangan bahwa perkembangan UMKM bidang pertanian di Kintamani mengalami peningkatan dan penurunan yang menimbulkan bahwa terjadinya permasalahan pengelolaan baik secara manajemen dan keuangan di dalam usahanya. Selain itu, permasalahan terkait dengan ketatnya persaingan UMKM di Kabupaten Kintamani, pelaku UMKM harus kreatif dalam berinovasi serta mampu menciptakan orientasi pasar yang lebih luas. Dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria sampel yaitu UMKM dibidang pertanian yang sudah berjalan selama 3 tahun atau lebih. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh responden sebanyak 41 UMKM pertanian yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan SEM-PLS untuk menganalisis hubungan antar variabel dan dilakukan dengan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh positif terhadap kinerja UMKM. Selanjutnya citra perusahaan dan inovasi model bisnis memediasi hubungan antara Corporate Social Responsibility dengan kinerja UMKM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility, kinerja UMKM, citra perusahaan, inovasi model bisnis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Akuntansi (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Indah Widiantari |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 11:52 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 11:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21459 |
Actions (login required)
View Item |