Ardiawan, I Ketut Ngurah (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PADA PEMBELAJARAN YANG BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER NASIONALISME DAN SIKAP BERKEBHINEKAAN GLOBAL PADA SISWA KELAS LANJUT DI SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1639031005-COVER.pdf Download (775kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1639031005-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1639031005-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1639031005-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1639031005-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639031005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1639031005-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1639031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1639031005-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat ajar Pendidikan Pancasila berbasis pada pembelajaran yang berdiferensiasi yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan karakter Nasionalisme dan sikap Berkebhinekaan Global. Perangkat ajar yang dikembangkan mencakup modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar pelaksana Sekolah Penggerak. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) prototype produk berupa perangkat ajar yaitu modul ajar dan LKPD; (2) Validitas produk hasil pengembangan berada pada kategori sangat valid; (3) Kepraktisan perangkat ajar hasil pengembangan berada pada kategori sangat praktis; dan (4) Hasil analisis MANOVA menunjukkan bahwa perangkat ajar yang dihasilkan berpengaruh efektif untuk meningkatkan karakter Nasionalisme dan sikap Berkebhinekaan Global dengan nilai t simultan sebesar 3,22 dengan sig. <0,001 serta diperkuat dengan nilai ES yakni 0,87. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat ajar Pendidikan Pancasila berbasis pada pembelajaran yang berdiferensiasi secara simultan berpengaruh efektif meningkatkan karakter Nasionalisme dan sikap Berkebhinekaan Global siswa kelas lanjut dengan efektivitas tinggi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berdiferensiasi, karakter Nasionalisme, perangkat ajar, sikap Berkebhinekaan Global. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | I Ketut Ngurah Ardiawan |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21517 |
Actions (login required)
View Item |