PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PADA PEMBELAJARAN YANG BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER NASIONALISME DAN SIKAP BERKEBHINEKAAN GLOBAL PADA SISWA KELAS LANJUT DI SEKOLAH DASAR

Ardiawan, I Ketut Ngurah (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PADA PEMBELAJARAN YANG BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER NASIONALISME DAN SIKAP BERKEBHINEKAAN GLOBAL PADA SISWA KELAS LANJUT DI SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1639031005-COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1639031005-ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1639031005-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1639031005-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1639031005-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639031005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1639031005-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1639031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1639031005-LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat ajar Pendidikan Pancasila berbasis pada pembelajaran yang berdiferensiasi yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan karakter Nasionalisme dan sikap Berkebhinekaan Global. Perangkat ajar yang dikembangkan mencakup modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar pelaksana Sekolah Penggerak. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) prototype produk berupa perangkat ajar yaitu modul ajar dan LKPD; (2) Validitas produk hasil pengembangan berada pada kategori sangat valid; (3) Kepraktisan perangkat ajar hasil pengembangan berada pada kategori sangat praktis; dan (4) Hasil analisis MANOVA menunjukkan bahwa perangkat ajar yang dihasilkan berpengaruh efektif untuk meningkatkan karakter Nasionalisme dan sikap Berkebhinekaan Global dengan nilai t simultan sebesar 3,22 dengan sig. <0,001 serta diperkuat dengan nilai ES yakni 0,87. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat ajar Pendidikan Pancasila berbasis pada pembelajaran yang berdiferensiasi secara simultan berpengaruh efektif meningkatkan karakter Nasionalisme dan sikap Berkebhinekaan Global siswa kelas lanjut dengan efektivitas tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: berdiferensiasi, karakter Nasionalisme, perangkat ajar, sikap Berkebhinekaan Global.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: I Ketut Ngurah Ardiawan
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:22
Last Modified: 29 Jul 2024 04:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item View Item