Ariyani, Lesti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA PETA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014031007-COVER.pdf Download (871kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014031007-ABSTRAK.pdf Download (634kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (441kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (476kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014031007-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan media peta dalam pembelajaran geografi, (2) hasil belajar geografi siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan media peta, (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan media peta terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (nonequivalent control group design). Penentuan Kelas Eksperimen (X9) dan Kelas Kontrol (Kelas X7) dilakukan secara random setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, pencatatan dokumen, dan metode dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru berhasil mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan media peta dalam pembelajaran geografi dengan kriteria sangat baik “85,00”, (2) hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan media peta mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-ratanya sebesar 80 dengan nilai tertinggi 96, (3) terdapat perbedaan hasil belajar geografi siswa dalam pembelajaran geografi ((sig .000<0,05)). Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan media peta berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar geografi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Peta, Pembelajaran Geografi, Tipe Two Stay Two Stray. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Lesti Ariyani |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 03:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21539 |
Actions (login required)
View Item |