Cahyani, Putu Ardia Pramesti Regita (2020) THE ANALYSIS OF PARENTAL INVOLVEMENT TOWARDS STUDENTS’ LITERACY DEVELOPMENT IN SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021132-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021132-ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021132-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021132-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1612021132-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021132-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021132-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021132-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021132-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan orang tua di dalam mengembangkan literacy siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Banjar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana orang tua dapat mendukung perkembangan literasi anak dan untuk mengidentifikasi hambatan keterlibatan orang tua di dalam mensupport perkembangan literacy anaknya. Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa yang memiliki pendidikan yang rendah. Penelitian ini adalah penelitian desckriptif kualitative. Data dikumpulkan dengan menggunakan 2 instrumen yaitu kuesioner dan interview. Data yang telah di dapatkan akan di analisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua biasanya melakukan 16 aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengembangkan literacy anaknya diantaranya membaca dengan anak, membahas tentang sebuah ide pokok pada sebuah cerita atau buku, memberi tahu tentang unsur-unsur pada sebuah cerita (jalan cerita, tema, tempat, dan karakter), membantu anak untuk menuliskan kembali cerita yang telah dibaca, menunjukkan prilaku positif dalam membaca, menyediakan buku dan majalah kepada anak untuk dibaca, menunjukkan prilaku positif dalam membaca, membantu anak belajar mengenai arti kata, menerima gagasan anak dalam proses membaca bersama, membantu anak untuk mengembangkan kebiasaan belajar yang baik, membatasi anak untuk menonton TV dan bermain HP, berbagi mengenai beberapa cerita, membantu siswa dalam keterampilan membaca, membantu siswa untuk mengklasifikasikan kata (Kata benda, kata sifat, kata keterangan), menemukan progess membaca yang dimiliki anak, menyediakan koleksi buku dan cerita kepada anak, mendorong anak untuk membaca setiap hari. Selanjutnya, menurut kuesioner yang telah diberikan kepada orang tua, ibu adalah orang tua yang paling sering mendampingi anaknya dalam kegiatan membaca dirumah. Mengikuti masalah ini, orang tua biasanya menggunakan Balinese language di dalam kegiatan membaca. Selanjutnya, terdapat 13 jenis hambatan yang ditemui oleh orang tua ketika mengembangkan literasi anaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlibatan orang tua, perkembangan literasi, prilaku orang tua, hambatan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Ardia Pramesti Regita Cahyani |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 14:41 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 14:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2157 |
Actions (login required)
View Item |