Sri Damayanti, Luh (2024) THE INTEGRATION OF HOTS ANALYSIS IN THE EFL TEACHERS’ LESSON PLANS AT SMK NEGERI 3 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021145-COVER.pdf Download (691kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021145-ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021145-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021145-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021145-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021145-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021145-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021145-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021145-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi HOTS dalam rencana pelajaran guru EFL di SMK Negeri 3 Denpasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan adaptasi metode penelitian analisis konten kualitatif oleh Creswell (2014). Ada 2 hal yang dianalisis dalam penelitian ini, yaitu; (1) bagaimana HOTS diintegrasikan dalam rencana pelajaran oleh guru EFL di SMK Negeri 3 Denpasar; dan (2) pada tingkat apa HOTS diintegrasikan dalam rencana pelajaran. Subjek penelitian ini adalah 6 rencana pelajaran yang disiapkan oleh 6 guru EFL di SMK Negeri 3 Denpasar. Sementara itu, objek penelitian ini adalah HOTS yang terkandung dalam 6 rencana pelajaran yang dikumpulkan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yang dirancang berdasarkan HOTS Taksonomi Bloom yang Direvisi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Tiga dari enam guru EFL telah mengintegrasikan HOTS di semua komponen rencana pelajaran mereka dengan menentukan tujuan pembelajaran yang menyebutkan tingkat HOTS tertentu, mengembangkan kompetensi dasar sesuai dengan HOTS dalam tujuan pembelajaran, menggunakan model pembelajaran HOTS yang direkomendasikan oleh Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, memilih materi pembelajaran yang mendukung HOTS, menggunakan media pembelajaran terintegrasi teknologi yang mendukung HOTS, merancang kegiatan utama yang melibatkan HOTS siswa, dan menyediakan tugas dan instrumen penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur HOTS siswa. Sementara itu, tiga lainnya hanya menerapkan HOTS di beberapa komponen rencana pelajaran tersebut (2) Dua dari enam guru EFL telah mengintegrasikan semua tingkat HOTS dalam rencana pelajaran mereka dan empat lainnya hanya mengintegrasikan satu atau beberapa tingkat HOTS dalam rencana pelajaran mereka. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa HOTS telah terintegrasi dalam semua rencana pelajaran tetapi masih belum maksimal. Peningkatan yang dapat dilakukan guru EFL untuk meningkatkan penerapan HOTS adalah dengan lebih banyak berlatih dan berlatih dalam merancang rencana pembelajaran HOTS. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran dalam setiap rencana pembelajaran harus memuat HOTS dan guru juga harus mampu menerapkan semua tingkatan HOTS dalam setiap pertemuan. Dengan demikian, keterlibatan HOTS dan hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal. Kata kunci: HOTS, EFL, guru EFL, analisis, Rencana Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: HOTS, EFL, guru EFL, analisis, Rencana Pelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | LUH SRI DAMAYANTI |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 13:19 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 13:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21596 |
Actions (login required)
View Item |