Susanti, Ni Putu Desy (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN SIRKUIT HIT AND JUMP UNTUK MENSTIMULASI KONSENTRASI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061013-COVER.pdf Download (669kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061013-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (180kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061013-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Guru di TK mengalami kendala dan kesulitan saat mengembangkan media yang tepat untuk menstimulasi konsentrasi anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan rancang bangun permainan sirkuit hit and jump untuk menstimulasi konsentrasi anak usia 5-6 tahun, (2) menguji dan mengetahui kelayakan permainan sirkuit hit and jump untuk menstimulasi konsentrasi anak usia 5-6 tahun (3) menguji dan mengetahui efektivitas permainan sirkuit hit and jump untuk menstimulasi konsentrasi anak usia 5-6 tahun. Produk diuji oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan dengan subjek penelitian 5 anak untuk uji coba kelompok kecil dan uji efektivitas menggunakan 20 anak. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner serta menggunakan angket observasi (non tes). Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menemukan (1) Rancang bangun permainan sirkuit hit and jump menggunakan model pengembangan ADDIE. (2) Uji kelayakan permainan sirkuit hit and jump menunjukkan hasil validitas menurut ahli materi dan subjek penelitian secara berturut-turut sebesar 100%, 93,75%, dan 100% dengan memiliki kategori sangat baik sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan. (3) Efektivitas permainan sirkuit hit and jump berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil bahwa permainan sirkuit hit and jump efektif diterapkan untuk menstimulasi konsentrasi anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan sirkuit hit and jump, konsentrasi, anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Desy Susanti |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 00:27 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 00:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21603 |
Actions (login required)
View Item |